Blog

Menciptakan Ruang Kelas yang Aktif

Ruang kelas yang aktif adalah ruang kelas di mana mahasiswa terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar. Mereka tidak hanya duduk diam dan mendengarkan ceramah, tetapi mereka juga berpartisipasi, berkolaborasi, dan saling belajar satu sama lain.

Salahsatu strategi dan kiat praktis untuk menciptakan ruang kelas yang aktif adalah:

Gunakan Berbagai Metode Pembelajaran

1. Ceramah: Gunakan ceramah singkat dan interaktif untuk menyampaikan informasi penting.

2. Diskusi: Adakan diskusi kelompok kecil untuk mendorong siswa bertukar pikiran dan ide.

3. Problem-solving: Berikan tugas pemecahan masalah untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa.

4. Project-based learning: Berikan proyek yang menantang siswa untuk bekerja sama dan menghasilkan produk akhir.

5. Experiential learning: Berikan pengalaman belajar langsung melalui simulasi, studi lapangan, atau eksperimen.

Kunjungi: www.hes.assunnah.ac.id

Prestasi Gemilang! 58% Mahasiswa Prodi HES STAI As-Sunnah Raih Predikat Terpuji di Semester Ganjil TA. 2023-2024

Deli Serdang, 25 November 2023 – Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) STAI As-Sunnah menorehkan prestasi gemilang. Di semester ganjil tahun akademik 2023/2024, sebanyak 58% mahasiswa Prodi HES berhasil meraih predikat terpuji.

Read More
Percepat Kemampuan Berbahasa Arab, Mahasiswa STAI As-Sunnah Ikuti Matrikulasi

Deli Serdang, 07 Februari 2024 – Sebanyak 60 mahasiswa STAI As-Sunnah dari berbagai program studi, yaitu Hukum Ekonomi Syariah (HES), Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), dan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) mengikuti kegiatan matrikulasi bahasa Arab selama tiga bulan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab para mahasiswa sebelum memasuki perkuliahan.

Read More
STAI As-Sunnah Sosialisasikan Beban Tugas Mengajar Dosen

Medan, 16 Januari 2024 – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) As-Sunnah Medan, Sumatera Utara, menggelar sosialisasi beban tugas mengajar dosen pada tanggal 04 Januari 2024 di ruang workshop STAI As-Sunnah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen STAI As-Sunnah.

Read More
Bangun Budaya Mutu, Dosen dan Pengelola Prodi HES STAI As-Sunnah Mengikuti Seminar SPMI-PT

(Deli Serdang – 9 Januari 2023) – Dosen dan pengelola program studi (prodi) Hukum Ekonomi Syariah (HES) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) As-Sunnah mengikuti seminar praktik baik Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT) dengan tema “Membangun Budaya Mutu: Pola Pikir, Pola Sikap, Pola Perilaku Sesuai Standar Dikti”. Seminar ini diselenggarakan oleh Pusat Penjaminan Mutu (PPM) STAI As-Sunnah pada hari Rabu, 3 Januari 2024 di Aula STAI As-Sunnah.

Read More
Terimakasih Kepada Asatidzah Dan Dosen di Prodi Hukum Ekonomi Syariah


Deli Serdang, 4 Januari 2024
– Kegiatan perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2023-2024 di Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) As-Sunnah telah selesai dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2024.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Prodi HES STAI As-Sunnah, Andri Rivai, menyampaikan apresiasi dan harapan kepada seluruh dosen. Ia mengapresiasi dedikasi dan kerja keras para dosen yang telah memberikan ilmu dan bimbingan kepada para mahasiswa selama semester ganjil.

Read More
Mahasiswa Prodi HES STAI As-Sunnah Akhiri Semester Ganjil dengan Ujian Akhir Semester dan Hafalan Alquran

Deli Serdang, 2 Januari 2024 – Sebanyak 37 mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) As-Sunnah Deli Serdang, Sumatera Utara, mengikuti rangkaian ujian akhir semester (UAS) semester ganjil tahun akademik 2023/2024. Ujian yang digelar mulai tanggal 23 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024 ini, terdiri dari ujian tulis dan ujian hafalan alquran.

Read More
Penggunaan Fintech UMKM Syariah

Fintech dan UMKM syariah adalah dua konsep yang muncul untuk memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat akan inklusivitas dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip keuangan Islam di tengah pertumbuhan pesat teknologi. Fintech memberikan solusi inovatif untuk akses keuangan yang lebih mudah dan efisien, sedangkan UMKM syariah mengikuti prinsip-prinsip Islam dalam operasional mereka, termasuk aspek pengelolaan dana dan pembiayaan.

Read More
Ihtikar Dalam Perspektif Indonesia, Ekonomi dan Keislaman

Islam sebagai sebuah ajaran dan keyakinan bagi umat Nabi Muhammad sallallaahu ‘alaihi wasallam, tentunya memiliki banyak kajian-kajian yang dapat dijadikan oleh umat Islam itu sendiri sebagai sarana dalam mengembangkan wawasan dan membuka cakrawala berpikir secara baik, benar dan objektif.

Read More